Jurusan Arkeologi !! Apaan tu????… Ini dia alasan yang membuatmu tak bisa lagi menyelepekan Jurusan ini

Kuliah di jurusan arkeologi merupakan suatu pertanda yang terkadang membawa kita ke berbagai pertanyaaan yang cukup menguras perasaan. Banyak masyarakat awam yang cukup segan untuk membiarkan putra-putrinya masuk ke dalam romantisnya jurusan ini. Penulis tidak mengerti mengapa para orang tua agak ragu-ragu untuk membiarkan putra-putrinya mengambil jurusan arkeologi. Nampaknya mereka takut apabila anaknya tidak memiliki masa depan. Tapi apakah dengan kuliah di jurusan lain bisa menjamin masa depan kita?

Butuh waktu untuk menjawab pertanyaan ini, tapi mari coba kita renungkan bersama. Mengapa perspektif umum berkesimpulan bahwa masa depan seseorang masih ditentukan oleh jurusan kuliah yang diambilnya. Padahal apabila kita sedikit kritis, maka di jaman serba modern ini,bukanlah jurusan yang menjadi penentu masa depan, akan tetapi pengetahuan kita akan kedalam ilmu serta aplikasi kita terhadap pemecahan kasus secara komprehensif.

Tapi entah apalah namanya itu, arkeologi merupakan disiplin ilmu yang mengambil objek tinggalan materi sebagai kerangka acuan utama. Objek tinggalan materi tersebut, bisa berupa candi, benteng, hingga mata uang kuno serta keramik-keramik Cina. Selain itu, jurusan arkeologi merupakan jurusan yang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jurusan lain. Berikut keistimewaan yang dimiliki oleh jurusan arkeologi, yang membuat kalian tidak dapat menyepelekan lagi jurusan ini :

Banyak yang berkata jurusan yang langka akan peminat, namun membuat kami tak langka akan pola pikir dan kreativitas yang mendalam.

2011712_185836

Kuliah itu membentuk pola pikir via http://www.buryfocus.co.uk/news-features/76/school-and-college-news/58559/bury-college-students-invited-to-cambridge-university-and-inspired-to-aim-high

Belajar arkeologi itu belajar bagaimana memahami objek benda mati yang sudah terpendam lama. Dari benda mati tersebut arkeologi berusaha menjelaskan sejarah, proses, hingga rekonstruksi kebudayaan yang dapat membawa kalian semua ke alam pemikiran yang multi choice.

Meskipun jurusan kami langka akan peminat, tapi bukan berarti kami langka akan pekerjaan. Berbagai pemahaman akan objek materi menjadikan kami pribadi yang banyak belajar dari diam menjadi mengerti, dari mengerti menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadirkan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Meskipun belajar dari masa lalu, tapi arkeologi selalu siap dalam menghadirkan “masa depan yang cemerlang”….

People_Different_people_Family_Happiness_026542_

Masa depan ada di tangan dan pikiran kita via http://inspirenow.com.au/what-is-happiness/

Sebagai orang-orang yang belajar dari masa lampau, membuat kami banyak mengetahui jejak-jejak peradaban yang pudar atau bahkan hilang (peradaban Cina, Melayu, Majapahit, Sriwijaya,hingga peradaban Yunani dan Romawi). Melalui jejak-jejak tersebutlah arkeologi lahir sebagai penawar yang memberi cita rasa tersendiri terhadap kondisi saat ini.

Masa depan yang cemerlang merupakan proses panjang yang sedang kamu lalui dan kerjakan sekarang. Demikian juga dalam belajar arkeologi, yakni belajar bahwa kesuksesan hidup tidak bisa diperoleh dalam usaha satu malam, akan tetapi usaha yang panjang sehingga dapat menghasilkan peradaban yang dapat menjadi bahan pembelajaran banyak orang.

“Tak hanya belajar budaya dan teorinya saja” : Arkeologi pun akrab dengan analisis laboratorium yang terukur…..

1037046-laboratorium-kimia-620X3101

Laboratorium bukanlah ruangan asing bagi kami via http://traininglaboratorium.net/

Bicara masalah budaya, maka tidak lepas dari persoalan mempertahankan hidup. Berbagai tinggalan arkeologi yang ada ditemukan di dalam tanah dan satu konteks dengan tinggalan lain, sehingga analisa budaya dan analisa materil tanah menjadi dua unsur terpisah namun saling mendukung.

Uji laboratorium dalam arkeologi dibutuhkan untuk menganalisa sedimen tanah sehingga dapat diketahui pertanggalan atau kurun waktu objek materi tersebut digunakan. Selain itu, analisa pollen dan fitolit dalam tumbuhan juga menjadi analisa yang penting untuk mengetahui pola interaksi manusia dan lingkungannya, mengingat manusia memperoleh sebagian besar sumber makanan dari lingkungan alam.

Ingin bicara masalah apa? Arkeologi punya perspektif untuk itu……

1053766372

Punya temen diskusi dari disiplin ilmu lain itu asyik lhoo via http://www.northnorfolknews.co.uk/news/cambridge_success_for_reepham_students_1_1869218

Objek materi yang menjadi pangkal kajian arkeologi merupakan objek yang menempati ruang dan waktu. Berbagi bentuk objek tersebut ada di setiap unsur kehidupan, entah itu bangunan (rumah, masjid, keraton), hingga masalah kawasan yang tidak terlepas dari kelengkapan unsur materi didalamnya.

intinya, setiap fenomena dan peristiwa menempati ruang, dan setiap ruang memiliki objek materi. Untuk itu, ilmu arkeologi punya kans besar dalam bicara fenomena apa pun, baik fenomena dulu dalam perspektif kekinian, hingga fenomena saat ini dalam perspektif masa lalu.

Tinggalan arkeologi kan banyak, bagaimana anda bisa mengelolanya???

Jangan cemas dan pesimis. Tinggalan arkeologi bisa ada di mana saja dan bisa ditangani dengan strategi pelestarian yang ada. Belajar arkeologi bukan berati belajar akan masa lalu saja, dan kemudian takjub serta dan bangga akan itu. Perangkat analisa dalam arkeologi juga mengedepankan prinsip pelestarian berkelanjutan terhadap tinggalan arkeologi.

conservation2_e

Tak hanya bangga akan tinggalan materinya, arkeologi dituntut pula untuk melestarikan http://www.hamptonfalls.org/Pages/HamptonFallsNH_BComm/Conservation/index

Tidak hanya perangkat hukum yang bisa diandalkan dalam upaya pelestarian, akan tetapi juga perangkat keilmuan, khususnya dalam hal konservasi objek materi, khususnya analisa microfosil yang bertujuan untuk mengetahui sebab dan solusi dari lapuknya bahan batuan atau pun kayu dalam suatu tinggalan arkeologi.

Menyabet predikat sebagai mahasiswa arkeologi, membuat kami menjadi pribadi yang menghargai “alam dan kebudayaan”………….

secret-to-happiness_web

Menghargai alam dan budaya itu bisa membuatmu bahagia di dunia ini via http://eletvezetesi-tanacsadas.karrier-boldogsag.hu/

Alam dan kebudayaan hadir dalam kehidupan manusia. Tujuan arkeologi adalah untuk itu, untuk membuka peristiwa alam dan budaya masa lalu. Alam dan budaya bersatu membentuk keindahan hidup yang dikendalikan oleh manusia. Beranjak dari hal tersebut, maka sebagai mahasiswa yang belajar interaksi antara alam dan budaya, akhirnya menempatkan kami sebagai mahasiswa yang cukup sensitif terhadap perubahan alam dan kebudayaan.

Ilmu Arkeologi, akan tetap menghargai disiplin ilmu lain,,,………….

Tidak bisa dipungkiri bahwa satu fenomena, tidak bisa lepas dari fenomena lain. Demikian juga dengan ilmu arkeologi, dalam menjelaskan objek materi sehingga dapat berbicara banyak tentu membutuhkan bantuan ilmu lain.

Footwear Design student Becka Hunt (left) is chosen to create a pair of shoes for the Duchess of Cambridge

Menghargai itu penting via http://www.mirror.co.uk/news/uk-news/fashion-student-chosen-to-design-shoes-756555

Karena ilmu pengetahuan sifatnya luas, maka arkeologi membutuhkan ilmu lain dalam kerangka analisis dengan tujuan agar bisa menyampaikan pesan-pesan positif dan negatif akan masa lalu sebagai bahan pembelajaran hidup.

Semoga bermanfaat. Terima kasih , Obrigado!!!

Oleh : Cornelio Aniceto
Mahasiswa arkeologi semester 8, UGM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s