5 Aktivitas Semut sebagai Makhluk Sosial

Binatang kecil tapi selalu bisa dijumpai di mana saja, ada di rumah, ada di kantor, ada di pohon dan ada di mana-mana (tapi yang jelas ga ada di hati kita ya ,,ahaaa). Meskipun semut itu kecil, tapi semut merupakan binatang yang tak bisa disepelekan.

Berstatus sebagai binatang kecil yang berjiwa sosial tinggi, membuat semut makin rendah hati dan tidak sombong (ahaaha). Semut badannya kecil, sekali pites atau diinjak sama kita pasti langsung mati. Namun, di balik semua itu, semut adalah binatang yang memiliki kehidupannya sendiri.

Salah satu contohnya adalah kehidupan semut dalam bersosialisasi. Berikut akan penulis paparkan 5 aktivitas sosial yang dilakukan oleh semut. 5 point ini berdasarkan pengamatan penulis :


1. Coba dehh amatin pergerakan semut kalau ke mana-mana, bawaannya ga bisa sendiri. . .

Cek aja di tembok rumah atau di batang pohon di deket rumahmu. Amati pola gerak semut kalau lagi jalan, pasti jalannya berkelompok dan selalu rapat jaraknya di antara sesama semut. Mereka kompak banget, pergi bareng-bareng sampai juga bareng-bareng.

Kalau diperhatikan lagi, semut itu selalu menganggap rekan-rekannya sebagai patner yang penting untuk dijaga pertemanannya. Amati deh, kalau lagi ketemu berpapasan di jalan, pasti sesama semut saling menempelkan kepalanya di antara mereka. Sungguh rasa menghormati yang tinggi.


2. Karna tubuhnya kecil, kalau bawa sesuatu pasti temennya dilibatin. . .

Semut tahu kalau tubuhnya kecil, jadi kalau bawa sesuatu yang agak berat pasti temennya juga bantuin. Meskipun ada juga semut yang bisa bawa sendiri, tapi biasanya di apit jalannya sama temen-temennya.

Mereka sadar betul bahwa mereka ga kuat kalau mesti ngangkat sendiri, dan temen-temennya juga ngerti serta mau bantuin. Indahnya hidup mereka, saling pengertian.

3. Mereka juga punya rumah bahkan istana yang dibangun dengan kerja keras..

Berkat jiwa solidaritas yang tinggi, semut yang kecil bisa membangun istana semut yang terbuat dari tanah atau pun sisa pelapukan kayu. Pada saat pembuatan istana, kalian bisa mengamati pasti mereka bakalan sibuk banget dan seperti memberikan pesan kepada kita bahwa pekerjaan ini harus selesai.

Semut dan teman-temannya saling bantu memikul perlengkapan material untuk membangun istananya. Salut deh buat kaliannn….

4. Di mana ada gula di situ ada semut

Yang manis-manis pasti jadi rebutan. Semut paling suka tu sama gula. Coba perhatikan seperti kata pribahasa, di mana ada gula di situ ada semut. Tapi ada yang menarik,semut bukan hewan yang rakus meskipun banyak tumpahan gula yang ia dapatkan. Pasti mereka selalu membagi-bagi dengan sesamanya.

Pokoknya susah seneng bawaannya pingin barengggg ajaaaa..


5. Namun semut memiliki keberanian yang sangat tinggi

Kecil tapi berani, itu dia semut. Coba buktikan, pas kalian nemuin semut yang lagi jalan di tembok, coba kalian palang jalan didepannya dengan tangan kalian. Pasti dia ga bakal nyerah untuk lewat dari dari sisi yang kosong. Tapi dengan catatan jangan disentuh semutnya, cukup di halangin aja jalan didepannya.

Semut sadar betul bahwa tantangan harus diselesaikan dan dihadapi. Nice banget dehh

Dari semut kita bisa belajar kehidupan dan arti penting dari solidaritas.


Semoga bermanfaat

Penulis :

Cornelio Aniceto
Mahasiswa Arkeologi Semester 8, UGM

Iklan

2 thoughts on “5 Aktivitas Semut sebagai Makhluk Sosial

  1. Moto semut yang paling Qu ingga suka,itu adalah satu sakit semuaanya ikut sakit,,ini juga dari paham solidaritas,,,,contonya,,,,kalo satu orang masuk dalam juran,,,,pasti aku tidak mau masuk juran itu untuk mati,,,kalo semut itu masuk satu luban semuanya masuk ikut,,,,hahahahha,,,,,SEMUT DEHAN HAMUTUK MAK ITA BELE ,,HHAHAHAHA

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s