Dengerin Kata “Terima Kasih”, Kox Langka Ya Sekarang??

Terima kasih, terima kasih, sama-sama, sama-sama, pulang duluan ya aku, ya hati-hati. Ucapan terima kasih dan balasannya, untuk jaman sekarang sudah semakin langka. Banyak orang yang mungkin lupa atau sengaja tidak mengatakan hal tersebut. Nampaknya egoisme diri telah mengalahkan niat baik yang telah diberikan oleh orang lain.

Berterima kasih untuk hal-hal yang baik saja sudah malas, bagaimana bisa berterima kasih atas perjalanan hidup yang terkadang tidak mulus. Memang susah bro, tapi terima kasih itu penting. Pentingnya apa? supaya kamu bisa menghargai diri sendiri dan orang lain.

Tapi tetep aja ga semua orang mampu untuk berterima kasih. Banyak dari sesama kita yang enggan dan bahkan gengsi untuk berkata terima kasih. Bahkan kalau ada orang yang sedang berkata terima kasih padanya, terkadang si dia langsung memandang orang tersebut dengan keheranan. Sungguh pertanyaan besar bagi penulis, mengapa demikian?? dan sungguh keheranan yang luar biasa yang penulis amati di sekitar kita.

Tapi bagaimana juga, rasa terima kasih penting untuk dilakukan. Alasannya sederhana karena:

1. Terima kasih itu gratis (ora Mbayar kalau bahasa jawanya)

Sudah diberikan kemudahan tapi ga mau bilang makasi, gengsi lagi. Tinggal ucapin doank, malah malu lalu pergi. Jangan ditiru yang kayak beginian, percuma cuman bikin kamu sama sekali tidak dihargai orang lain.

Pejabat sama bos aja gak gengsi bilang makasi. Masak kita ga mau belajar biar bisa kayak mereka.

2. Terima Kasih itu Cermin Etika

Kalau orang yang pergaulannya luas dan temennya banyak, biasanya beda dan gak gengsi untuk ngucapin terima kasih. Tapi kalau ada orang yang pergaulannya luas dan temennya banyak tapi gak bisa bilang terima kasih, maka dijamin dia bakalan jadi calon-calon yang merugi.

Terima kasih itu cermin dari etika. Etika itu tertuang dalam pola tingkahmu, termasuk dalam bertutur kata. Jadi gak ada salahnya deh kalau dari sekarang belajar untuk bilang makasie makasie makasieeee..

3. Terima Kasih itu Investasi..

Percaya gak kalau terima kasih itu investasi?? seharusnya percaya. Buktinya kalau kamu pernah nolong orang , meskipun orang yang kamu tolong itu cuman bisa bilang makasie aja. Itu dah beda nilainya bro, apalagi orang yang kamu tolong itu bener-bener susah, wahhh cuman kalian aja yang terlibat yang tau rasanya.

Dijamin kebaikan yang kamu lakuin akan jadi amal ibadahmu, baik di dunia dan di akhirat. AMIN.

4. Terima Kasih itu Simbol Kedewasaan..

Umur dah tua tapi songong, merasa diri hebat. Maka orang-orang tersebut termasuk orang-orang yang belum dewasa. Belum dewasa dalam artian belum bisa menghargai dirinya, apalagi orang lain. Kalau orang-orang yang gini diberikan bantuan, maka mereka biasanya akan terlihat sedikit menolak padahal hatinya ngemisss tuu.

Perkataan sama pikiran harus sejalan bro. Jadi kalau kamu mau dibilang dewasa, maka belajarlah untuk berterima kasih, minimal ke diri sendiri dulu dehh..

5. Terima kasih , sama-sama..

Dua kata yang saling berbalasan. Tapi pernah gak berpikir mengapa ucapan terima kasih dibalas dengan sama-sama. Alasannya karena terima kasih itu bisa membuat kita menjadi teman dan bahkan saudara. Iya, bagi kalian yang mau berkata terima kasih. Bagi yang gak mau, ya gpp. Terima kasih.

Semoga bermanfaat

Penulis :

Cornelio Aniceto
Mahasiswa Arkeologi Semester 8, UGM
Terima Kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s