Kuliah Ngambil Apa? Ngambil Hikmahnya Aja Broo

Kuliah adalah kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Tidak semua orang mampu untuk kuliah dan tidak semua orang yang mampu kuliah mau untuk kuliah. Jadi, kuncinya adalah kemauan dan kemampuan. Buat kalian yang sudah kuliah pasti ngerasa biasa aja, tapi bagi yang belum kuliah pasti ngerasa kalau kuliah itu momentum banget

Bagi yang sudah kuliah tentu mengerti bahwa masa depan ditentukan oleh banyak faktor. Bukan nilai aja dan bukan persoalan gengsi dari suatu jurusan. Semua mahasiswa yang masuk di bangku kuliah pasti memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri. Baik itu lewat unit kegiatan mahasiswa maupun lewat seminar dan forum-forum diskusi yang diadakan di masing-masing universitas.

Kuliah itu bukan persoalan ngambil kuliah dimana,jurusan apa, dan ipknya berapa. Tapi kuliah itu juga ada hikmahnya bro. Hikmah yang dimaksud adalah pelajaran hidup sebagai mahasiswa yang setelah tamat dapat hidup bermasyarakat dengan baik dan benar. Langsung aja ini dia hikmahnya :

1. Kuliah itu bisa melatih sosialisasi dengan temen-temen yang kritis

Di kampus atau di rumah sebenarnya hampir sama, yang membedakan hanya tempatnya saja. Di kampus kamu bisa ngobrol dengan temen-temen yang mempunyai pikiran luas sebagai seorang mahasiswa. Jangan ke kampus cuman megang hp ama kunci mobil aja, sia-sia tu hidup.

Sosialisasi dengan temen-temen juga efektif, baik itu di halaman kampus, kantin, maupun di ruang kuliah. Tapi jangan di perpus, nanti bisa diusir kamunya..

2. Kuliah bukan persoalan nilai, tapi persoalan memandang suatu peristiwa

Banyak orang yang terjebak dengan mahasiswa yang memiliki nilai IPK yang luar biasa. Banyak yang menganggap bahwa mahasiswa yang IPKnya kecil dianggap selalu kurang aja sebagai mahasiswa. Tunggu dulu mamen, orang kuliah itu yang dilatih otaknya bukan nilainya. Ok, dia otaknya cerdas, rajin kuliah, rajin ngerjain tugas tapi nilainya kecil, itu bukan berarti dia kurang pandai. Tapi mungkin kurang berdoa aja.

Sebagai mahasiswa yang dilatih adalah cara pandang kita terhadap suatu peristiwa. Artinya kita diajarkan untuk mendeskripsikan dan berargumen secara rasional dengan landansan teori yang kuat. Jadi kuncinya harus rajin baca buku ya kawan-kawan.

3. Salah itu biasa, tapi bohong itu luar biasa

Orang kuliah kalau salah berpendapat atau pun salah buat makalah itu biasa. Tapi harus belajar dari kesalahan tersebut. Jujur merupakan hikmah tersendiri yang bisa kamu petik sebagai mahasiswa. Banyak orang cerdas tapi sedikit yang jujur. Yang dikejar hanya nilai saja sehingga banyak cara yang dilakukan, bahaya kalau begitu.

Gpp bro kalau kamu salah, itu adalah proses. Banyak kox orang sukses yang belajar dari seribu kesalahan. Tapi mereka tetep aja jujur, terus sukses deh dia…

4. Kuliah itu tali perbatasan antara remaja dan dewasa

Masih semester 1 masih enteng, sama juga di semester 2 terus 3 dan 4. Semakin tahun berganti pasti ada perubahan dalam diri seseorang yang kuliah. Minimal mereka pernah bertanya dalam dirinya, aku mau jadi apa setelah kuliah ini?? Begitu pertanyaan itu datang, pasti akan terus datang bukan hanya satu dua kali saja.

Kalau uda ngalamin hal tersebut, pasti yang sehat dan sadar akan segera mengubah kebiasaan buruknya (begadang, mabuk-mabukan, suka pacaran, dll). Semua itu adalah proses kedewasaan yang nantinya akan mendatangkan hikmah bagi kebaikan hidup.

5. Kesempatan mengembangkan diri

Banyak seminar nasional dan internasional, banyak beasiswa dan banyak tawaran untuk lanjut S2 dan S3 ke luar negeri. Kesempatan ini hanya bisa kamu dapatkan di bangku kuliah. Jadi manfaatin aja, nilai boleh kecil, tapi jangan terlalu kecil ya supaya kamu gak kehilangan moment-moment spesial, yang hanya bisa kamu rasain sebagai mahasiswa.

Anak kuliah itu multi individu dan multi pemikiran. Maka jadilah mahasiswa yang berkarakter dan jujur, sebab itulah hikmah sesungguhnya dari proses pendidikan.

So, kuliah kalian ngambil apa?? kalau aku mah ngambil hikmahnya aja brooooo..

Penulis :

Cornelio Aniceto Menezes
Mahasiswa Semester 8 Arkeologi, UGM
Obrigado

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s