Tanpa Mengatakan pun, Sebagai Sahabatmu Aku Mengerti Kamu Sedang Dalam Masalah

Sahabat, semua manusia di dunia ini memiliki sahabatnya masing-masing. Sahabat bisa datang dari pergaulan semasa kecil hingga pergaulan dalam kehidupan bermasyarakat di hari tua. Intinya sahabat adalah seseorang yang hadir dalam hidup kita dan banyak mengerti sifat dan pribadi kita.

Sahabat yang tulus pasti lebih peka kepada sahabatnya. Demikian juga sahabat yang baik pasti akan cepat memahami sikap dan maksud tertentu dari sahabatnya. Berbagai moment dan kesempatan yang sering dilalui bersama, tak khayal membuat ikatan persahabatan menjadi lebih erat.

Namun dibalik semua itu, sahabat tetaplah manusia yang bisa sedih hatinya dan bahkan murung atau pun sulit Move on. Untuk itu sebagai sesama sahabat yang mengerti, sebenarnya tanpa berucap pun kita sudah mengerti bahwa sahabat kita sedang dalam masalah. Entah itu masalah karier, studi hingga percintaan. Untuk lebih jelasnya, berikut tanda-tanda yang muncul bila sahabatmu sedang dalam masalah :


Lebih sering murung dan akan berbeda ekspresi wajahnya ketika sedang diajak berbicara…..

Semua manusia pasti ada masalah, dan setiap masalah pasti menyita pikiran yang selalu terbayang. Sahabat juga manusia yang jika sedang ada masalah pasti akan tersirat jelas di raut wajahnya.

Bagi kalian yang sudah lama menjalin persahabatan dengan seseorang, pastinya memahami berubahnya mimik wajah dari sahabat kita jika ada masalah. Jika dia pandai menutup masalahnya, ajak saja bicara pasti akan ketahuan bahwa ada yang tak beres. Hal tersebut bisa tersirat dari mimik wajahnya yang lebih keliatan tertekan atau bahkan lebih menunduk dan jika bicara, maka berbicaranya akan sangat singkat dan tak mau memandang kita. Intinya berbeda aja, baik itu tutur katanya dan mimik wajahnya.

Sering meminta pendapat kita dengan mengambil sampel dari orang lain…..

Jika sedang dalam masalah yang besar, maka tidak semua sahabat akan mau terbuka mengenai masalahnya. Tidak jarang banyak yang menutup rapat-rapat dan terkesan lebih tenang. Namun masalah yang sedang sahabatmu alami, tentu bisa ketahuan jika dia masih menutup rapat-rapat.

Hal tersebut terbukti dari cara dia bercerita kepada kita, dalam bercerita dia akan berbicara masalahnya dengan mengambil contoh dari orang lain dan kemudian meminta kita untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Jika sahabatmu pernah melakukan hal demikian, maka kalian harus lebih peka bahwa sebenarnya dia sedang menceritakan masalahnya sendiri. Ingat sahabat sejati tidak ingin sahabatnya tau bahwa ia sedang membutuhkan bantuan yang besar.

Jarang aktif di jejaring sosial, dan kini lebih aktif di jejaring sosial (demikian juga sebaliknya)…..

Tidak semua masalah bisa diceritakan, dan terkadang media jejaring sosial (facebook, twitter, dan instagram) bisa menjadi tanda yang signifikan untuk mengetahui perbedaan sikap dan pribadi seseorang. Jika sedang dalam masalah, amatilah perbedaan sikap dari para sahabatmu dalam menggunakan jejaring sosial.

Yang dahulunya jarang aktif di jejaring sosial, kini jauh lebih intens menggunakan jejaring sosial. Baik untuk meng up date status atau pun memasukkan berbagai jenis foto baru. Demikian juga sebaliknya, ada yang sangat aktif di jejaring sosial kini hilang dan tidak pernah aktif lagi. Keseluruhan perubahan tersebut, menjadi tanda yang paling gampang ditebak.

Sering meminjam uang kepada banyak orang…..

Meminjam uang boleh jika ada kebutuhan utama yang perlu mendapat penanganan darurat. Jika tidak, ya sebaiknya jangan karena akan menjadi hobi yang membawa penderitaan hidup. Jika ada sahabatmu yang dulu tidak pernah meminjam uang, namun kini sangat senang meminjam uang, kamu perlu curiga tu, pasti ada yang ga beres.
Memang hal ini cukup sensitif karena berhubungan dengan uang, namun tidak ada salahnya sebagai seorang sahabat kamu perlu untuk memberikan pendapatmu terhadap perubahan gaya hidup sahabatmu itu.

Jarang berada di rumah dan terkesan misterius bila ditanya keberadaannya….

Buktikan deh, jika sahabatmu yang dulu selalu memberi tahu keberadaannya dan sekarang sangat sulit untuk melacak keberadaannya. Pasti ada yang disembunyikan, dan hampir pasti yang diseumbunyikan adalah masalah.

Biasanya sahabatmu akan mengatakan seribu alasan jika kamu hendak bertemu dengannya. Jika sudah beberapa kali sahabatmu menolak jika ingin bertemu, dan sangat sulit dilacak keberadaannya, maka sudah dapat dipastikan bahwa sahabatmu sedang dalam masalah besar.

Memang tidak enak rasa hati jika ingin tau terlalu dalam mengenai masalah yang sedang dilanda oleh sahabatmu sampai segitunya. Namun berbagai tanda dan perubahan sikap tersebut, tanpa diucapkan pun sudah menandakan bahwa sahabatmu sedang dalam masalah yang besar. Untuk itu sebagai sahabat yang baik, maka bukalah terlebih dahulu peluang bicara terhadap sahabatmu. Karena hanya sahabat sejati yang rela mengambil posisi satu langkah lebih maju untuk melindungi sahabatnya.

Penulis :

Cornelio Aniceto Menezes
Mahasiswa Arkeologi Semester 8, UGM
Terima Kasih, Obrigado Barak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s