Di Setiap Keberhasilan Muridnya, Terselip Beberapa Perasaan yang Mungkin Hanya Dirasakan Oleh Guru SD

Sekolah merupakan hal penting yang menyangkut mengenai pendidikan dan pengenalan wawasan keilmuan. Berbagai mata pelajaran diajarkan dan dididik oleh tenaga pengajar yang kita sebut dengan “GURU”. Mulai sejak Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga kita menempuh pendidikan di lingkungan universitas. Tetaplah guru menjadi sumber teladan yang menjadikanNYA sosok yang dingin dalam pemikiran dan menjadi suri tauladan yang terus dikenang oleh kita seumur hidup.

Di balik semua itu, guru adalah sosok yang paling bahagia ketika melihat keberhasilan muridnya. Di antara beberapa guru, baik itu guru Sekolah Dasar hingga guru Sekolah Menengah Atas, tentunya semua akan merasa senang dan turut sukses ketika melihat keberhasilan putra-putri yang pernah dididiknya. Namun, perasaan yang agak berbeda tetap dirasakan oleh guru sekolah dasar kita (SD), guru-guru SD merupakan guru yang dapat disebut sebagai figur pertama yang menghantarkan anak muridnya ke dalam pengenalan keilmuan.

Dan ketika putra-putri yang dididiknya sukses dan menjadi manusia yang berkualitas, maka mungkin perasaan inilah yang dirasakan oleh Guru SD yang pernah mengajar dan mendidik kita ..

Ketika Nama Kita Disebut, Maka Pertama yang Dilakukan Oleh Guru SD Adalah Mengingat dan Mencoba Memutar Memorinya Mengenai Kebiasaan yang Dulu Sering Kita Lakukan Sewaktu SD…

Ketika melihat atau mendengar anak muridnya sukses, maka guru SD akan sejenak terdiam untuk kemudian berpikir, mengingat, dan menceritakan mengenai anak didiknya sewaktu SD. Baik itu dalam hal mengikuti mata pelajaran, kebiasaan, tingkah laku, hingga prestasi dan kenakalan muridnya sewaktu SD.


Dan Jika Ada Orang yang Bertanya, Maka Guru SD Akan menjawab….

A : Pak, itu si anto dulu yang sekarang jadi GM PT. Sinar Laju, dulu SDnya gimana sih anaknya??

B : Anto, ya Anto, dia itu…… ( akan sangat detail dan penuh kenangan dalam menjawabnya..

Bagi guru SDnya, anto adalah murid yang sangat baik dan pintar sehingga dia sukses. Dan mungkin saja anto yang mendengar langsung bisa juga tidak menyangka bahwa gurunya begitu menaruh perhatian dan kasih sayang kepadanya.

Keistimewaannyalaahh yang Menjadikan Guru SD Sering Dipanggil Di Setiap Acara Talk Show Atau Pun Wawancara Di Berbagai Stasiun Televisi…

Di setiap kesuksesan pasti ada cerita dan proses yang mengikutinya. Untuk dunia pendidikan, maka Guru SD tetap memiliki magnet yang membawanya menjadi narasumber dalam setiap kesempatan, hanya untuk menceritakan mengenai si anak didik ketika SD.

Guru SD akan sangat puas ketika dapat menceritakan keberhasilan anak muridnya di mata banyak orang,,, entah apa itu rasa puas yang dirasakan, dan bagaimana rasa puas itu.. mungkin hanya guru SD yang tau dan dapat merasakannya…

Guru SD Tidak Mengharapkan Anak Didiknya Untuk Datang Menemuinya, Namun Begitu Ada Anak Didiknya yang Datang, Maka Disitulah Perasaan Bahagia yang Ia Rasakan Sesungguhnya..

Dalam benak dan hati seorang Guru SD tidaklah tinggi dan begitu berharap, bagi Ia cukup saja jika anak muridnya mengingat dia, maka Ia sudah senang. Perasaan senang itulah yang tidak jarang membuat beberapa guru SD tetap keliatan awet muda dan masih seperti dulu.

Namun, jika ada waktu luang mampirlah untuk mencari tau keberadaan dan kabar dari guru SD anda. Cukuplah dengan melakukan hal itu sambil berjabat tangan dan mengatakan “apa kabar Pak/Buk”,, maka disitulah letak esensi dari dididik dan mendidik.

Siapa yang Tau, Disetiap Doanya, Mungkin Ada Nama Kita yang Pernah Disebutkannya Berkali-Kali….

Guru tidak hanya bertugas di sekolah, akan tetapi juga di rumah yakni sebagai orang tua. Peran dan tanggung jawab inilah yang mendikan Guru dapat disebut tokoh yang penuh amanat dalam mengerahkan dan mengarahkan putra-putrinya ke dalam pintu keberhasilan.

Tidak hanya mengajar dan bertemu di sekolah saja, akan tetapi juga dalam setiap Doanya… karena yang ia inginkan cukup sederhana, yakni semoga anak-anaknya menjadi orang baik.. maka mungkin tidak sering air mata seorang guru jatuh dalam alunan syair doanya..

Maka tidak salahnya jika kita turut mendoakan Guru Kita.. dan berterima kasih kepadanya..

Terima Kasih Guruku, Terima Kasih Guru SDkuu…

Oleh :

Cornelio Aniceto Menezes,

Seorang pemuda yang sedang berjuang dalam meraih kesuksesan hidup dan cinta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s