Mind Map, Cara Mengendalikan Pikiran dalam Meraih Kehidupan

Mind map atau dalam bahasa Indonesia adalah Peta Pikiran merupakan cara belajar manusia untuk mengendalikan fungsi kerja otak. Manusia memiliki milyaran sel otak dan setiap harinya dapat menghasilkan pemikiran baru dan begitu seterusnya. Untuk menyederhanakan fungsi sel otak ke dalam beberapa bagian pemikiran maka dibutuhkan cara, salah satu caranya adalah dengan menggunakan mind map.

Membuat mind map dapat dilakukan oleh setiap orang. Caranya adalah dengan menyiapkan kertas kosong lalu menuliskan namamu ditengah-tengah kertas. Nama yang telah ditulis, selanjutnya dihubungkan dengan garis-garis inti yang dapat menggambarkan karier, hobi, liburan, maupun jodoh. Garis inti dihubungkan lagi dengan garis cabang yang bisa menggambarkan keinginan dan harapan, (contohnya : karir yang anda inginkan apa, atau pun harapan anda dengan jodoh anda). Garis cabang selanjutnya dihubungkan lagi dengan garis ranting yang dapat menggambarkan lebih spesifik mengenai jenis keinginan anda.

Mengakomodir beragam aktivitas, cita-cita, dan harapan seseorang ke dalam satu memori otak, nampaknya sedikit sulit dilakukan. Manusia memiliki banyak perubahan kehidupan yang tentunya membawa perubahan pemikiran di setiap waktu. Otak digunakan sebagai alat ingat, akan tetapi kurang efektif karena bisa lupa apalagi dalam jangka waktu yang bertahun-tahun.

Untuk itu, belajar membuat mind map atau peta pikiran adalah jawaban untuk menggali potensi diri lebih dalam. Hal tersebut beralasan sebab :

1. Mind Map dapat membuat kita tau tentang berbagai harapan dan keinginan kita

Melalui mind map, kita dapat menuliskan hal apa saja yang menjadi harapan dan keinginan kita. Hal yang sederhana tapi dapat mengajarkan kita lebih mengenal diri kita.

Mungkin lebih asyik kalau nyusun listnya pas lagi liburan atau pun bersantai. Selain lebih tenang juga dapat lebih mengeluarkan ide secara cair.

2. Kalau uda tau keinginannya apa, selanjutnya bisa dipikirkan cara- cara merealisasikannya

Yang perlu dipersiapkan hampir sama pada umumnya, baik itu dana, waktu, tenaga, dan informasi. yakinin diri dulu kalau uda siap, jangan sampai hal-hal sepele bisa membuat keinginanmu terhambat.

Melalui persiapan yang baik setidaknya kita bisa paham bahwa perjuangan itu perlu. dan yang lebih penting kita dapat menghargai diri kita dan orang lain.

3. Tak jarang keinginan dan strategi mewujudkannya uda matang, tapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan itu menghambat. maka tenanglah…

Ketenangan itu perlu guys, karena tidak menutup kemungkinan jika halangan bisa hadir di last minutes. kalau itu terjadi, maka jangan sampai deh emosi sesaat ngancurin segalanya.

Caranya tetap hadapi masalah yang terjadi sampai selesai, dan jika itu ngeluarin banyak dana dan nyita waktu anggap saja itu memang belum waktunya. Pokoknya di bawa santai dan tetap fokus untuk nyiapin lagi. Kalau banyak rintangan dan berhasil, maka sudah sepatutnya kita pun berbangga akan diri kita.

4. Menjadikan diri kita sebagai pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab

Ini dia yang paling penting karena jika sudah berhasil, maka jangan terlena. Segera lakukan pembuatan mind map ulang atau pun melakukan peremajaan mind map.

Selain bisa memperoleh banyak keinginan hidup, mind map juga mengajarkan kita akan arti pribadi yang pantang menyerah.

Beranjak dari hal tersebut maka otak sebaiknya tidak hanya digunakan sebagai alat ingat, akan tetapi juga alat pembaca. Berfungsi sebagai media baca, otak juga membutuhkan media tulis yang pada akhirnya menempatkan manusia sebagai makhluk yang tidak hanya mempunyai otak saja, akan tapi juga dituntut untuk menuliskan isi otaknya.

Semoga bermanfaat. Salam.

Oleh : Cornelio Aniceto Menezes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s